Jumat, 22 Februari 2013

Mengenali Trend


Trend adalah sahabat anda, jangan coba-coba melawan trend. Hal itu seringkali anda dengar bukan? nah... mengenali trend itu terkadang susah-susah gampang. Gimana menurut Anda? Susah atau mudah? He he.. mungkin ada yang bilang “ah gampang..!” atau mungkin “Lumayan mudah...”. Namun ada juga yang mengatakan “Wah boss.. saya kok loss mulu ya..” he he.. atau tambah ngaco kayak gini “Sullliiiit...bos!” hi hi hi...lha terus gimana nentuinnya supaya trend bisa dipahami sejak awal. Yuk pelajari lebih lanjut.

Yang kita pahami pertama kali tentunya kenal dengan pair saat ini. Kalau pairnya aja tidak kenal, gimana mau nentuin trendnya..he he.. tentukan dulu pairnya, baru kenali trend marketnya kayak gimana. “Kalau trend sudah diketahui, terus gimana bos?” ya tinggal open saja..he he..

Kenali Trend
Buat kesepakatan, kita ambil saja pair EURUSD. Pair ini dilihat dari peminatnya sangat banyak, selain EURUSD ada GBPUSD dan pair lainnya. Namun EU cukup deh buat contoh sampel. Untuk mengenali trend tentu kita gunakan analisis, baik fundamental atau teknikal. Kenapa tidak satu analisis saja? Karena dengan fundamental kita tahu penggerak marketnya, dengan teknikal kita tahu arahnya.

Oke kita coba gunakan ilustrasi gambar. Indikatornya menggunakan MA saja biar teman-teman yang pemula juga bisa mengikutinya. “Ah... Kok MA sih bos.. kuno..!” he he.. ini sample, Anda juga bisa gunakan indikator lainnya. Oke kita sudah dihadapkan dengan chart lengkap dengan indikator MA standart dari metatrader











Sekarang, bagaimana tuh mengenalinya? Di gambar tersebut sudah ada trend yang sedang down dan sedang up. Nah tugas Anda hanya melihat kapan trend  mulai berganti. Caranya? Cukup dilihat apakah harga melewati indikator ke arah mana. “Walah bos.. saya sudah tahu...!, tetep saja sering loss”.. he he.. kenalinya jangan setengah-setengah, jadi memang begitu kalau hanya kenalnya separuh.. hihi..

Jika harga sudah turun jauh.. sudah terlalu jauh menurut persepsimu “turun lama tak kunjung naik” dan tiba-tiba harga mulai merangkak naik melewati indikator, maka trend sudah bisa dikatakan berbalik. Saat itu, biasanya trader masih bingung..”ini naik beneran atau tidak ya? Naik ndak..” hihi.. peranan psikoligis dan mental mulai digunakan disini, namun disamping itu dengan Money management (MM) yang bagus sejauh apapun anda loss, cepat atau lambat tetap akan kembali.

Jangan sampai berhenti disitu, Anda langsung buka kalender ekonomi serta rumor yang beredar, “ada berita apa nih setelah harga berada di atas garis MA”
 Mengenali market bukan sekedar melihat keadaan indikator serta keadaan fundamental saat ini. namun lebih kepada kreatifitas Anda dalam mengenali market. Tatkala harga sudah sesuai dengan analisis, maka trend yang kita dapatkan akan sesuai harapan. Yuk kenali trend dari sekarang.!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar